Contoh Jasa Pengelasan dan Strategi Mengembangkan Bisnis Ini

Contoh jasa las

Contoh jasa las

Contoh jasa pengelasan seperti apa? Seperti yang diketahui, dari sekian banyak peluang usaha, membuka jasa pengelasan memang memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Tak bisa dipungkiri, kini tiap tahun makin banyak didirikan properti perumahan. Sehingga banyak masyarakat yang memerlukan jasa pengelasan untuk membuat pagar, kanopi, teralis, perabot rumah tangga dan produk lain yang kini telah menjadi barang kebutuhan utama.

Contoh Jasa Pengelasan yang Dapat Menjadi Ide Bisnis

Berkenaan dengan jasa pengelasan, Anda yang kurang paham tentang jasa ini, Anda bisa menyimak contoh jasa pengelasan yang umum ada di masyarakat. Berikut adalah contoh-contohnya!

1. Jasa Las Listrik

Jasa las listrik merupakan jasa yang melayani segala kebutuhan pengelasan objek-objek tertentu dengan mengandalkan mesin las listrik. Beberapa contoh pelayanan dari jasa ini adalah las teralis, las pagar besi, las reling tangga, pengelasan kanopi, dan masih banyak lagi. Untuk melakukan pengelasan listrik, jasa tersebut pastinya memiliki mesin las listrik yang digunakan untuk menyambung beragam jenis logam yang memiliki ketebalan minimal 2 mm.

Ada beberapa kelebihan membuka Jasa las listrik. Pertama, mesin las listrik bisa dioperasikan dengan listrik PLN maupun Genset sehingga lebih fleksibel dalam penggunaannya. Kedua, harga kawat las terbilang lebih murah dibandingkan mesin las karbit. Ketiga, banyak mesin las yang memiliki teknologi inverter yang mampu menghemat daya listrik.

2. Jasa Las Karbit

Contoh selanjutnya adalah jasa las karbit yang dikhususkan pada pengelasan objek-objek yang tipis atau memiliki ketebalan maksimal 2 mm. Tentunya ini berbeda dengan jasa las listrik yang mayoritas objek yang dilas terbilang lebih tebal. Tentunya, untuk melakukan pengelasan, jasa las karbit menggunakan mesin las karbit untuk menyambung dua atau lebih logam yang terbuat dari besi atau alumunium dengan ketebalan maksimal 2 mm.

Beberapa kelebihan membuka jasa las karbit di antaranya, pertama, peralatan untuk pengelasan terbilang murah, hanya butuh korek api dan kawat las. Kedua, perawatan mesin las juga terbilang mudah dan murah. Ketiga, untuk melakukan las karbit, Anda tidak perlu mempelajari teknik khusus seperti yang dilakukan oleh jasa las listrik.

Tips Sukses Mengembangkan Bisnis Pengelasan

Untuk mencapai kesuksesan dalam mengembangkan usaha, Anda harus memulainya dengan perencanaan dan strategi yang tepat. Nah, berikut ini tips memulai bisnis di bidang pengelasan.

1. Kuasai teknik dan keahlian mengelas

Seorang tukang las juga harus memiliki keahlian yang tinggi untuk menghasilkan produk-produk berkualitas. Skill ini bisa Anda dapatkan dengan rajin berlatih mengelas karena mengikuti kursus saja tidak cukup.

Nah, bila Anda ingin membuka bisnis pengelasan namun belum memiliki keahlian cukup, Anda bisa mencari karyawan yang berpengalaman sambil berlatih mengelas. Anda juga bisa mencoba mencari tutorial mengelas di internet untuk dipraktikkan.

2. Pertimbangkan harga jual produk

Harga jual produk merupakan salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan karena selain memiliki kualitas bagus, konsumen juga cenderung menyukai produk jasa yang menawarkan harga murah.

Jangan sampai produk yang Anda jual harganya terlalu mahal yang berdampak pada jumlah penjualan Anda, apalagi bisnis ini juga memiliki banyak pesaing. Sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui harga rata-rata jasa pengelasan di sekitar Anda.

3. Berikan pelayanan terbaik untuk konsumen

Tips berikutnya, Anda harus mampu memberikan pelayanan prima kepada konsumen. Pelanggan ibarat tuan rumah yang harus dilayani dengan penuh rasa hormat. Anda juga perlu menjaga komunikasi dan hubungan yang baik dengan pelanggan karena pelanggan merupakan kunci kesuksesan bisnis.

Agar produk Anda laku laris di pasar maka penting pula mengetahui trend perkembangan terbaru produk pengelasan. Ini menjadi tantangan bagi Anda untuk menciptakan produk dengan desain unik dan menarik sesuai trend yang sedang disukai masyarakat.

Informasi tentang contoh jasa pengelasan dan strategi bisnis pengelasan di atas tentu sangat bermanfaat. Agar bisnis las semakin berkembang, Anda perlu terus melakukan inovasi dengan mengembangkan desain produk yang terbaru. Anda juga dapat berkonsultasi ke PT Allpro Mirai Indonesia untuk berkonsultasi tentang pengelasan.

Penting pula memperluas koneksi, misalnya dengan ikut menghadiri pameran bagi para pelaku bisnis. Apabila bisnis Anda semakin berkembang, Anda juga bisa menambah peralatan las yang lebih canggih. Nah, sekian informasi terkait peluang bisnis pengelasan. Semoga bermanfaat.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *