4 Cara Menambah RAM di Android Dengan Menggunakan Aplikasi

cara menambah ram android

Mungkin Anda saat ini tengah mencari cara menambah ram di android agar handphone Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi dan game yang berat.

Seperti yang kita ketahui, saat ini handphone menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki setiap orang untuk berbagai kegiatan mereka seperti bekerja, belajar atau bermain game.

Namun, tidak semua orang bisa menjalankan berbagai aplikasi dan game berat di handphonenya karena terkendala dengan Ram yang kecil. Nah, bagi Anda yang tidak memiliki handphone dengan kapasitas RAM yang besar, berikut ini beberapa cara menambah ram di android agar Anda bisa menjalankan berbagai jenis aplikasi dan game yang berat.

Menambah RAM Android Menggunakan Aplikasi Smart Booster

Untuk bisa menambah kapasitas RAM Android, Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis, yaitu Smart Booster. Sesuai informasi dari Windroid.id, aplikasi satu ini mampu menghentikan berbagai jenis program yang tak berguna di hanpdhone Android Anda sehingga nantinya mampu memaksimalkan kinerja dari RAM Anda.

cara menambah ram android

Aplikasi yang satu ini tak membutuhkan akses root pada handphone, sehingga Anda tak perlu merasa khawatir saat menggunakan aplikasi Smart Booster ini. Dan untuk Anda yang Handphonenya sudah di root, nantinya akan ada menu khusus yang mampu meningkatkan kinerja dari RAM handphone Anda lebih maksimal lagi. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Sebelumnya, Anda bisa mendownload dan juga menginstal aplikasi Smart Booster yang bisa didapatkan di Play Store.
  2. Bukalah aplikasinya, setelah itu klik tombol “Start Now” dan untuk menambah ruang RAM, Anda bisa menekan tombol dengan ikon roket.
  3. Setelah itu, Agar kinerja dari RAM handphone Anda lebih maksimal lagi, masuklah ke menu Setting dan juga pilih Ram Boost lalu ubahlah menjadi Aggresive.
  4. Masih didalam menu Ram Boost pada aplikasi Smart Booster, ceklislah pilihan Boost When Screen Off, lalu ubah pilihan Delay to Boost When Screen Off menjadi Immediately.
  5. Anda nantinya bisa mengatur supaya pelepasan RAM oleh aplikasi dilakukan secara otomatis. Caranya adalah dengan menceklis Boost Automatically, setelah itu ubah dari RAM Threshold menjadi 100MB dan setelah itu ubah settingan Boost Interval menjadi pilihan 5 minutes ataupun lebih.
  6. Jika handphone Anda sudah di root sebelumnya, masuklah ke menu Experimental setelah itu centang pilihan Root RAM Booster.

Itulah cara menggunakan aplikasi Smart Booster untuk menghapus berbagai aplikasi yang tidak penting sehingga membuat Ram di handphone Anda penuh.

Aplikasi RAM Control Extreme Pro

cara menambah ram hp

Cara menambah ram di android yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi RAM Control Extreme Pro. Aplikasi yang satu ini juga bisa Anda dapatkan secara gratris di Google Playstore. Berikut langkah-langkah penggunaannya.

  1. Bukalah aplikasi Play Store di handphone Anda, download dan juga instal aplikasi bernama RAM Control Extreme Pro.
  2. Jika aplikasi sudah terinstal, Anda bisa mulai menjalankan aplikasinya.
  3. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan cara memilih fitur RAM Booster yang ada pada aplikasi agar kapasitas RAM Anda bisa meningkat.
  4. Tekanlah menu start yang ada pada tombol Auto RAM Booster agar nantinya proses peningkatan kapasitas RAM bisa segera berjalan membersihakan berbagai jenis aplikasi. Anda juga nantinya bisa mengatur waktu yang Anda inginkan dari sistem Auto Ram Booster, fitur ini Ada di tombol tab Setting.
  5. Tekanlah tab Task Killer untuk bisa menghentikan berbagai jenisaplikasi yang memang tak diperlukan.
  6. Jika memang Anda mengingnkan aplikasi tertentu agar nantinya tidak mati ketika tab Task Setting sudah ditekan, masukanlah daftar aplikasi yang Anda inginkan ke dalam white list pada aplikasi tersebut.

Aplikasi yang satu ini juga kabarnya bisa menghapus berbagai sampah yang ada pada handphone Anda sehingga bisa menambah ruang pada penyimpanan internal Anda.

Menggunakan Aplikasi Sweapper

Setelah dua aplikasi diatas, ada lagi aplikasi pembersih Ram yang ringan dan mudah digunakan yakni Aplikasi Sweapper. Aplikasi yang satu ini penggunannya lebih sederhana, namun tetap memiliki kemampuan yang powerfull untuk menghapus berbagai aplikasi yang membuat RAM di handphone Anda menjadi berat. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Anda bisa mendownload dan juga menginstal aplikasi Sweapper di smartphone Anda. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mencarinya di google playstore atau di beberapa website yang menyediakan link downloadnya.
  2. Setelah itu, Anda bisa langsung membuka aplikasi tersebut.
  3. Pilihlah menu Active Swap on Boot yang ada pada aplikasi tersebut.
  4. Di bagian menu Swap File Position, pilihlah pilihan SD Card FAT Partition untuk membersihkan penyimpanan dengan ekstensi FAT.
  5. Setelah itu, di bagian Swap File Size pada aplikasi, masukanlah berapa jumlah dari kapasitas virtual memory yang memang Anda inginkan di handphone Anda.
  6. Jika pengaturan sudah selesai, Anda bisa langsung mengklik tombol simpan.

Aplikasi Sweapper ini selain akan membersihkan RAM dengan cara mematikan berbagai jenisaplikasi yang tidak berguna, Anda juga bisa membuat virtual memory, agar handphone Anda tidak berat menjalankan berbagai aplikasi dengan kapasitas yang besar.

Menggunakan aplikasi <2GB RAM Bosster

aplikasi 2GB RAM Bosster

Seperti namanya, aplikasi ini akan membuat RAM handphone Anda terasa seperti RAM dengan kapasitas 2GB. Cara penggunaannya pun sangat mudah sehingga Anda tidak perlu repot melakukan berbagai pengaturan lainnya. Berikut cara menambah ram di android dengan menggunakan aplikasi <2gb RAM Booster.

  1. Sebelumnya, buka aplikasi playstore di handphone Anda, setelah itu download dan juga instal aplikasi bernama <2GB RAM Booster.
  2. Setelah aplikasi sudah terinstal, buka aplikasi tersebut.
  3. Di interface awal aplikasi tersebut, Anda nantinya akan melihat gambar prosesor dengan bertuliskan Boost yang ada di bagian tengah aplikasi tersebut. Yang harus dilakukan ialah dengan cara menekan tulisan itu.
  4. Setelah itu, tunggulah beberapa detik, karena aplikasi sedang berjalan untuk membersihkan Android Anda.
  5. Jika memang sudah selesai, cobalah cek kembali kapasitas dari RAM di hanpdphone Anda, Sudah bisa dipastikan RAM di handphone Anda sudah sedikit lebih kosong jika Anda bandingkan dengan sebelum menggunakan aplikasi itu.

Itulah beberapa cara menambah ram di android yang mungkin bisa Anda lakukan sendiri di rumah agar bisa menjalankan berbagai jenis aplikasi dengan kapasitas yang berat.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *