Cara Membuat Denah Rumah Untuk Pemula

Cara Membuat Denah Rumah Untuk Pemula

Ketika kita berbicara tentang desain rumah maka ada satu istilah yang sering disebut orang yaitu denah rumah. Apakah denah rumah itu? Apakah anda sudah mengetahui tentang hal ini?

Pada artikel ini kita akan membahas tentang cara membuat denah rumah untuk pemula. Ya, artikel ini khusus dibuat bagi pemula. Yang dimaksud pemula adalah kita semua yang masih awam tentang urusan desain rumah.

Denah rumah merupakan salah satu dokumen penting yang diperlukan ketika kita hendak membangun sebuah rumah. Jadi jika anda hendak membangun sebuah rumah minimal anda harus memiliki denah rumah tersebut.

Mengapa Membuat Denah Rumah?

Jika hendak membangun sebuah rumah maka kita perlu memiliki denah rumah itu terlebih dahulu. Mengapa kita perlu membuat denah rumah? Ya, karena kita membutuhkan gambaran tentang bagaimana susunan ruang pada rumah kita nanti. Melalui denah rumah kita bisa menunjukan berapa jumlah ruang yang dibutuhkan, berapa kamar tidur, berapa kamar mandi,  apakah ada dapur khusus, apakah ada gudang atau garasi dan lain sebagainya.

Oleh karena itu keberadaan sebuah denah rumah sangatlah penting. Bayangkan jika anda tidak memiliki denah ketika hendak membangun rumah. Anda langsung memanggil seorang tukang dan bilang padanya bahwa anda mau bikin rumah tanpa memberikan penjelasan yang detail tentang rumah anda.  Jika tukang tersebut sudah berpengalaman bisa saja dia membuatkan rumah itu untuk anda. Tetapi saya tidak yakin apakah anda cukup puas dengan hasilnya. Atau paling tidak,  apakah rumah yang sudah dibuat itu jadi seperti yang anda bayangkan sebelumnya?

Meskipun contoh diatas cukup ekstrim tapi itu bisa saja terjadi jika anda tidak memiliki denah sebelumnya. Jadi keberadaan denah rumah sangatlah penting. Anda harus memiliki dokumen itu sebelum anda mulai membangun rumah.

Apa Saja Yang Di Tampilkan Pada Denah Rumah?

Sebuah denah akan memberikan informasi tentang rumah tersebut.  Beberapa informasi yang bisa dapatkan dari denah antara lain :

– Layout Ruang

Anda akan melihat ruang-ruang terbentuk dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya.  Anda akan menemukan dimana posisi ruang Tamu, ruang keluarga, ruang tidur dan ruang-ruang yang lain.  Dengan melihat layout ruang ini maka anda bisa membayangkan seperti apakah rumah yang akan anda tinggali nanti.

Kemampuan anda dalam menyusun layout ruang ini sangat penting.   Sebuah denah yang bagus akan terbentuk dari layout ruang yang tersusun secara efektif. Ada area publik, yaitu berupa ruang yang bisa ditempati oleh banyak orang dan ada area privat, yaitu ruang yang hanya dimiliki secara khusus oleh orang tertentu. Itu adalah salah satu faktor yang mendasari kita dalam menentukan layout ruang.

– Dimensi atau Ukuran

Pada denah anda akan menemukan berapa ukuran masing-masing ruang. Ini menjadi pedoman  bagi tukang ketika hendak membangun rumah tersebut. Ini juga memberikan penjelasan kepada anda seberapa luas ruang yang akan anda miliki.

– Elevasi atau pile lantai

Biasanya kita akan menemukan keterangan nama pada masing-masing ruang, misalnya Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Tidur, dan sebagainya. Dibawah keterangan nama itu terdapat angka-angka yang menunjukkan ketinggian lantai dari ruang tersebut.

Sebelum anda menentukan tinggi lantai tiap-tiap ruang anda harus menentukan terlebih dahulu tinggi lantai utama atau biasanya disebut pile lantai  dengan ketinggian + 0.00. Setelah itu anda baru bisa menentukan tinggi lantai ruang-ruang yang lain. Pada KM/WC biasanya lebih rendah dan pada ruang-ruang  tententu ada juga yang lebih tinggi, misalnya pada ruang Sholat atau ruang lain yang sengaja dibuat dengan elevasi yang lebih tinggi.

– Posisi pintu dan jendela

Tiap-tiap ruang pastinya memiliki pintu dan jendela. Posisi pintu dan jendela juga ditentukan pada denah. Anda bisa melihat dari mana anda akan masuk ke dalam bangunan tersebut. Masuk ke dalam ruang-ruang dan posisi tiap-tiap jendela. Ini akan menjadi pegangan yang sangat diperlukan oleh tukang ketika hendak memasang kusen pintu dan jendela.

– Penunjuk arah utara

Secara umum denah dibuat dengan menghadap ke Selatan. Atau dengan kata lain bagian atas pada kertas gambar selalu menunjuk Utara. Tapi ini relative saja. Tujuan dari penunjuk arah ini adalah supaya kita tahu kearah mana bangunan menghadap.

Dalam dunia perancangan professional ini menjadi patokan bagi arsitek untuk menentukan bidang-bidang  mana yang memerlukan tritisan lebih lebar supaya bisa menghalau sinar matahari yang masuk pada siang dan sore hari.

– Skala

Denah adalah sebuah representasi dari susunan ruang pada sebuah bangunan dalam bentuk yang lebih kecil. Gambar yang berukuran kecil ini dibuat dalam skala tertentu.

Yang paling banyak dipakai dan standart untuk denah adalah skala 1 : 100. Selain denah nanti anda juga akan membuat gambar yang lebih detail dengan skala yang lebih besar seperti 1:50, 1:25 atau 1:10; tergantung kebutuhan.

Perlengkapan Dalam Membuat Denah Rumah

Ada beberapa perlengkapan yang anda harus persiapkan sebelum mulai membuat denah. Perlengkapan itu antara lain :

  • KERTAS.

Ini adalah media yang akan anda gambar. Boleh kertas baru atau kertas bekas. Yang penting ada bidang kosong yang bisa anda pakai untuk menggambar.

Seorang arsitek biasanya tidak membatasi kertas yang akan dia pakai. Bebas saja. Kecuali kertas untuk mencetak gambar secara digital melalui printer.

Ukuran kertas ini harus disesuaikan dengan standart bawaan dari printer.  Untuk gambar kerja yang nantinya dibuat blue print maka kertas yang digunakan adalah kalkir. Tapi sekali lagi, bagi pemula, anda boleh memakai kertas apa saja.

  • PENSIL

Boleh pensil kayu atau pensil mekanik. Tergantung kesukaan anda. Ketika denah anda masih berupa konsep sebaiknya menggunakan pensil karena lebih mudah dikoreksi daripada menggunakan pena, pulpen, boxy atau rapido.

Pena, pulpen, boxy atau rapido. Ketika konsepnya sudah jadi, anda bisa menebalkannya dengan alat tulis ini. Tidak harus ditebalkan sebenarnya jika dengan pensil sudah cukup jelas. Tapi seringnya ada garis-garis tertentu yang harus anda pertebal untuk menegaskan.

  • PENGGARIS

Anda perlu membuat garis lurus dengan ukuran tertentu dan penggaris adalah alat bantu yang akan anda butuhkan.

Itu saja alat-alat dasar yang akan anda butuhkan dalam merancang sebuah denah. Tidak sulit dan mudah didapat bukan? Selebihnya mungkin anda akan memerlukan faktor pendukung seperti meja tulis dan kursi yang standar untuk menghindari sakit punggung karena anda akan duduk berlama-lama. Alunan music yang inspiratif (saya biasa pakai ini), udara yang segar dan aman dari kebisingan.

Prinsip Dasar Yang Harus Anda Ketahui

Setelah semua perlengkapan dipersiapkan dan anda sudah tahu apa saja yang harus anda sampaikan dalam denah maka sekarang adalah saatnya bagi anda untuk mulai membuat denah.

Tetapi tunggu dulu, sebelum anda menuangkan ide-ide yang ada dikepala anda pada lembaran kertas, ada prinsip dasar yang harus anda ketahui dalam membuat denah.

Tentu anda ingin tinggal di rumah yang nyaman bukan? Untuk itu faktor kenyaman adalah hal yang sangat penting. Berdasarkan pengalaman saya kenyamanan ketika tinggal dirumah ditentukan oleh beberapa faktor.

Tetapi yang paling menjadi perhatian saya adalah faktor pencahayaan alami dan penghawaan alami. Jika kita bisa mendapatkan 2 hal ini pada denah rumah anda, maka bisa saya pastikan bahwa anda akan nyaman tinggal di rumah itu.

Pastikan bahwa tiap-tiap ruang di rumah anda bisa mendapatkan pencahayaan sinar matahari langsung. Sinar matahari yang masuk ke kamar anda akan membuat kamar anda menjadi terang, tidak gelap, tidak pengap dan tidak berjamur. Anda pasti nyaman tinggal disitu.

Selanjutnya penghawaan alami juga sangat diperlukan. Anda harus memastikan bahwa udara luar  bisa masuk ke ke dalam rumah. Harus ada saluran masuk dan saluran keluar bagi udara alami. Pasanglah pintu, jendela, dan bukaan-bukaan yang lain sehingga rumah anda bisa bernafas dan anda akan merasa nyaman tinggal di dalamnya

Jika anda suka bercocok tanam maka anda bisa menambahkan taman di denah anda. Jika anda suka memelihara ikan maka anda bisa membuat kolam di belakang atau di depan rumah. Anda bisa menyalurkan hobi-hobi anda yang lain.  Ketika semua itu terwujud anda akan merasa puas karena rumah yang anda tinggali bisa mewakili kebutuhan dan keinginan anda.

Sumber: Arzitek.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *