Artikel Tentang Pendidikan di Indonesia

Artikel Tentang Pendidikan di Indonesia

Artikel Tentang Pendidikan di Indonesia

Artikel Tentang Pendidikan di Indonesia – Artikel pendidikan selalu berbicara tentang pendidikan atau setidaknya semua aspek kehidupan sosial yang berkaitan dengan pendidikan. Artikel ini menjelaskan bagaimana sebuah artikel dapat diklasifikasikan sebagai artikel pendidikan, apa adanya dan seperti apa bentuknya.

Cakupan Artikel Pendidikan di Indonesia begitu luas sehingga tidak mudah menentukan kriteria untuk standar tersebut. Kriteria pengklasifikasian artikel sebagai artikel pendidikan tentunya berbeda-beda. Bagian terpenting untuk dipahami adalah definisi masalah. Artikel ini memuat rumusan masalah penelitian atau pertanyaan yang secara eksplisit dan langsung berkaitan dengan masalah pendidikan.

Menentukan langkah eksplisit dan langsung tentunya tidak mudah, karena asumsi umumnya adalah setiap penelitian dan penulisan karya ilmiah selalu mengandung unsur pendidikan. Menulis artikel tentang pendidikan bukan hanya tentang mereka yang menuntut ilmu atau menimba ilmu di dunia pendidikan.

Berikut ini adalah contoh artikel pendidikan:

Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia

Kualitas Indonesia semakin rendah dari hari ke hari. Berdasarkan Survei United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), mengenai kualitas pendidikan di negara berkembang di Asia Pasifik, Indonesia menduduki peringkat ke-10 dari 14 negara. Adapun kualitas guru berada pada level 14 dari 14 negara berkembang.

Kelemahan pendidik kita adalah mereka tidak pernah menggali masalah dan potensi siswa. Pendidikan harus memperhatikan kebutuhan anak, bukan malah memaksakan sesuatu yang membuat anak risih dalam mempelajari ilmu.

Bagaimana proses pendidikan di Indonesia berjalan dengan baik?

Proses pendidikan yang baik adalah memberikan kesempatan kepada anak untuk berkreasi. Itu harus dilakukan karena pada dasarnya gaya berpikir anak tidak bisa diarahkan.Terlepas dari kurangnya kreativitas pendidik dalam membimbing siswanya, kurikulum yang terpusat membuat potret pendidikan semakin kabur. Kualitas pendidikan di Indonesia menjadi perhatian besar.

Berdasarkan analisis Badan Pendidikan Dunia (UNESCO), kualitas guru Indonesia menempati urutan terakhir dari 14 negara berkembang di Asia Pasifik. Posisi ini menempatkan negara agraris ini di bawah Vietnam, yang negaranya baru merdeka beberapa tahun lalu. Sedangkan untuk kemampuan membaca, Indonesia berada di peringkat 39 dari 42 negara berkembang di dunia. Dengan kualitas input yang rendah, kualitas guru kami menduduki peringkat ke-14 dari 14 negara berkembang.

Pendidikan secara umum berarti upaya untuk mendorong pertumbuhan karakter berupa kekuatan batin, karakter, pikiran. Dari etimologi dan analisis definisi pendidikan, secara singkat pendidikan dapat dirumuskan sebagai pedoman bagi pertumbuhan manusia dari lahir hingga dewasa lahir dan batin, dalam interaksi dengan alam dan masyarakat.

Pendidikan adalah proses yang berkelanjutan dan tidak berhenti.  Jika kita memperhatikan kenyataan bahwa manusia sebagai subjek dan pendidikan menempatkan fitrah manusia pada hal yang paling penting, maka perlu memperhatikan juga masalah otonomi pribadi. Intinya, manusia sebagai subjek pendidikan harus bebas untuk explore sebagai dirinya sendiri, yaitu sebagai manusia yang bertanggung jawab.

Hasil yang jelas dari pendidikan ini adalah adanya perubahan pada mata pelajaran pendidikan itu sendiri. Katakan dalam bahasa yang sederhana, ada perubahan dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak mengerti menjadi mengerti. Namun perubahan yang terjadi setelah proses pendidikan tentu tidak sesempit itu. Karena perubahan tersebut melibatkan aspek perkembangan fisik dan spiritual juga.

Melalui pendidikan, manusia menyadari sifat dan martabatnya dalam hubungan yang tidak terpisahkan dengan lingkungan alaminya dan sesamanya. Artinya, berdasarkan judul Artikel Pendidikan di Indonesia ini sebenarnya mengarahkan manusia untuk sadar diri dan berwawasan lingkungan. Dari kesadarannya, ia mampu memperbarui diri dan lingkungannya tanpa kehilangan kepribadian dan tidak tercerabut dari akar tradisionalnya.

Nah itulah contoh artikel tentang pendidikan di indonesia yang berjudul “Rendahnya kualitas pendidikan di indonesia”. untuk menambah pengetahuan, kamu bisa kunjungi pastiguna.com sebagai website pendidikan yang sangat lengkap.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *